iklan

Analisis Sistem


    Tahap analisis dilakukan setelah tahap perencanaan sistem dan sebelum tahap desain sistem. Tahap ini adalah tahap yang kritis dan sangat penting, dikarena kesalahan dalam tahap ini dapat menyebabkan kesalahan pada tahap selanjutnya.

Misalnya ketika dihadapkan pada suatu sistem untuk menentukan seberapa jauh sistem tersebut telah mencapai suatu sasarannya. Jika sistem tersebut mempunyai beberapa kelemahan, makaharus dapat menemukannya. Tugas ini yang disebut sebagai analisis sistem.

4.1.1    Analisis kelemahan sistem
    Analisis yang digunakan untuk menganalisa website PusatGrosir Solo untuk  mengetahui penyebab masalah menggunakan metode SWOT. Dengan analisis tersebut dapat diperoleh kekuatan, peluang, kelemahan,  dan ancaman yang ada pada sistem.

4.1.1.1    Analisis Swot

    Semakin kompetitifnya persaingan antar Pedagang, maka PUSAT GROSIR SOLO (PGS) menciptakan Website E-commerce untuk meningkatkan pelayanan dan pemasaran secara efektif dan terarah. Untuk itu perlu adanya analisa SWOT, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

a.    Keunggulan
    Pusat Grosir Solo (PGS) merupakan pusat perdagangan batik terbesar dan terlengkap di Kota Solo dan Jawa tengah. Pusat Grosir Solo telah berhasil menjadi pusat belanja bagi produk-produk tekstil dan pakaian jadi terutama produk-produk batik bagi masyarakat Kota Solo dan kota-kota lainnya di tanah air.

b.    Kelemahan
    Website Pusat Grosir Solo (PGS)yang menampilkan informasi-informasi tentang Pusat Grosir Solo (PGS).Selainitubelumadanyasuatuwadahberkumpulnyaparapedanganuntukmemberikaninformasitentangapa yang merekajual.

c.    Kesempatan
    Pemasaranakanlebihluassehinggadapatmemberikan nilai positif untuk terus meningkatkan penjualan bagi parapedagang yang telah bergabung didalamnya. Kesempatan ini dihadirkan dari penyediaan fasilitas-fasilitas website yang lengkap untuk membantu dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

d.    Ancaman
    Dengan adanya websitePusat Grosir Solo (PGS)Berbagai bisnis apapun pasti memiliki ancaman yangakan dihadapi kedepannya termasuk bisnis online ini.Ancaman berbisnisonline antara lain datang dari orang-orang yang hanya iseng.Jasapengiriman,dalam soal pembayaran dan lain-lain


4.1.2    Analisis Kebutuhan Sistem

    Analisa kebutuhan sistem merupakan proses untuk menghasilkan spesifikasi kebutuhan. Spesifkasi kebutuhan adalah spesifikasi secara rinci tentang pengolahan data  yaitu jumlah data yang harus di proses, waktu pengolahan saat data di proses sampai informasi yang di hasilkan. Spesifikasi ini digunakan untuk membuat kesepakatan dalam pengembangan sistem.

a.    Kebutuhan Perangkat Keras
Kebutuhan perangkat keras yang dibutuhkan untuk pembuatan program maupun yang dibutuhkan pada saat implementasi. Kebutuhan perangkat keras tersebut meliputi:


Analisis kebutuhan sistem perangkat keras



b.    KebutuhanPerangkat Lunak

Kebutuhan perangkat lunak yang digunakan adalah suatu perangkat lunak yang dapat berjalan dengan kecepatan yang tinggi dan juga tingkat keamanan yang tinggi dan mampu mengolah database yang ada. Kebutuhan perangkat lunak tersebut meliputi:


       
Analisis kebutuhan sistem perangkat lunak

c.    Kebutuhan Operasional

Kebutuhan operasional adalah kesiapan sumber daya manusia maupun infrastruktur pendukung untuk menerapkan sistem yang telah dibuat.  Kebutuhan operasional tersebut meliputi:
a.    Administrator, yaitu Bagian Pendaftaran
b.    User, yaitu Para Pedagang yang menggunakan websitePusatGrosir Solo
c.    IT support, sebagai pengolah sistem dan update data.

0 Response to "Analisis Sistem"

Post a Comment